UFO Elektronika - Murah untuk Semua

 

Customer Support

Your Shopping Cart

Your Cart is currently empty.

http://ufoelektronika.com/components/com_gk2_photoslide/images/thumbm/189339ufo_pro.jpg http://ufoelektronika.com/components/com_gk2_photoslide/images/thumbm/188346Polytron_belleza_II.jpg http://ufoelektronika.com/components/com_gk2_photoslide/images/thumbm/210427promo_ds.jpg http://ufoelektronika.com/components/com_gk2_photoslide/images/thumbm/737905Slide_28okt2014.jpg

Latest Products

TV SAMSUNG LED 65 INCH UA65HU7200WPXD
TV SAMSUNG LED 65 INCH UA65HU7200WPXD
Rp. 42.899.000,00

TV SAMSUNG LED 55 INCH UA55HU7200WPXD
TV SAMSUNG LED 55 INCH UA55HU7200WPXD
Rp. 27.499.000,00

TV SAMSUNG LED 55 INCH UA55H6400AWPXD
TV SAMSUNG LED 55 INCH UA55H6400AWPXD
Rp. 21.799.000,00

TV SAMSUNG LED 32 INCH UA32H4100ARXXD
TV SAMSUNG LED 32 INCH UA32H4100ARXXD
Rp. 3.099.000,00

Best Seller

Left direction
YongMa MC4400
YongMa MC4400
Rp. 458.000,00

YongMa MC4100
YongMa MC4100
Rp. 458.000,00

Philips HR1538
Philips HR1538
Rp. 428.000,00

Right direction

UNI HOME

Tips Membeli Barang Elektronik dan IT di Singapura

Secara umum, harga barang elektronik (seperti iPodkamera digital) dan peralatan IT (seperti komputer) impor di Singapura lebih murah dibandingkan di Indonesia. Hal ini karena pajak impor ke Singapura lebih murah dibandingkan ke Indonesia. Selain itu, Singapura juga merupakan hub pemasaran banyak produk-produk elektronik dan IT, sehingga banyak barang elektronik dan IT yang diimpor ke Indonesia melalui Singapura.

Ada dua tempat utama di Singapura dimana kita bisa mencari barang-barang elektronik dan IT: Sim Lim Square dan Funan the IT Mall. Disanalah kebanyakan toko-toko elektronik di Singapura berkumpul. Selain itu, barang-barang elektronik dan IT juga bisa dibeli di toko-toko seperti CourtsBest Denki, danHarvey Norman yang banyak tersebar di seluruh pelosok Singapura.

Setiap barang elektronik dan IT mempunyai harga retail resmi (RRP -recommended retail price). Toko-toko di Funan the IT Mall, juga Courts, Best Denki dan Harvey Norman biasa menjual semua barang elektronik dan IT dengan harga RRP tersebut, kecuali jika toko-toko tersebut sedang mengadakan sale. Harga RRP di Singapura biasanya lebih murah dibandingkan harga RRP di Indonesia.

Berbeda dengan toko-toko tersebut, toko-toko di Sim Lim Square kadang bisa menjual harga barang elektronik dan IT lebih rendah dibandingkan harga RRP. Mirip lah seperti toko-toko di Glodok yang kadang bisa menjual harga barang dibawah harga RRP seperti yang dijual di Agis Superstore, misalnya. Bedanya, biasanya toko-toko di Sim Lim Square tidak menaruh tag harganya, jadi pembeli yang harus pintar-pintar menawar.

Salah satu tips untuk modal menawar di Sim Lim Square adalah denganmengetahui harga resmi RRP dari barang yang bersangkutan. Jadi, sebelum datang ke Sim Lim, sebaiknya kita mendatangi dulu toko-toko seperti Courts dan Best Denki, dan survey dulu harga dari barang yang akan kita beli. Tentukan merk dan tipe dari barang yang akan kita beli, teliti spesifikasinya, dan cek harganya. Beberapa produk biasanya menyediakan aksesori tambahan yang sudah termasuk ke dalam harga resmi RRP, catat semua aksesori tersebut. Kadang, harga resmi RPP tersebut bisa kita cek di website Courts atau di website produk yang bersangkutan, misalnya website Sony Styleuntuk harga-harga produk Sony.

Berbekal informasi tersebut, baru kita mendatangi toko-toko di Sim Lim Square, dan mulai menawar dan mencari toko yang bisa memberikan harga termurah untuk produk yang kita inginkan. Beberapa tips:

  1. Jangan membeli merk atau tipe/model lain yang ditawarkan oleh pembeli, yang berbeda dari produk yang kita inginkan dan yang kita sudah survey, apalagi jika kita belum mengetahui harga resmi RRP dari tipe/model yang lain tersebut. Kalaupun kita ingin membeli tipe/model lain tersebut, survey dulu harga RRP-nya.
  2. Tanyakan apakah harga yang diberikan oleh penjual sudah termasuk GST (Goods and Services Tax) atau belum. Banyak penjual yang memberikan harga sebelum GST pada waktu tawar menawar, dan baru memberitahu kalau harga belum termasuk GST setelah pembeli menyetujui harga tersebut. Perlu diketahui bahwa harga RRP di toko-toko besar yang saya sebutkan tadi adalah sudah termasuk GST.
  3. Pastikan bahwa semua spesifikasinya sesuai, termasuk aksesori tambahannya. Banyak penjual yang memberikan harga murah dengan mengurangi beberapa aksesori tambahannya (yang seharusnya sudah termasuk dalam harga RRP-nya), dan dia kemudian menjual kembali aksesori tambahan tersebut secara terpisah.
  4. Usahakan agar emosi tetap terkendali dan jangan sampai terpengaruh, terutama pada saat tawar menawar. Jika ada penjual yang sampai kelihatan marah-marah pada saat menawar (tipikal Singaporean :P ), tinggalkan saja dan pindah ke toko yang lain.

Secara umum, Lucky Plaza adalah tempat yang paling harus dihindari jika Anda ingin “hunting” barang elektronik dan IT. Toko-toko disana sudah terkenal suka menipu pembeli, terutama pembeli yang datang dari luar negeri. Beberapa toko disana bahkan sudah masuk daftar blacklist Singapore Tourism Board. Jadi, datanglah ke Lucky Plaza untuk mencari kamar apartemen yang murah atau mencari restoran Indonesia di Singapura (seperti Ayam Penyet Ria,Kantin AnekaEs Teler 77 dan Ayam Bakar Ojolali), tapi bukan untuk mencari barang elektronik dan IT. :)